ANIES TERIMA KELUHAN DARI PETERNAK ASAL LAMPUNG TENGAH SAAT LAKUKAN KAMPANYE

lampungviral.id, Lampung Tengah – Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan berkampanye di Lampung hari ini, Kamis (7/11/2023).

Di sana Anies akan berinteraksi dengan para petani dan mahasiswa PKL Petani Muda di PT India Prima Beef.

Selain itu, Anies juga akan berdialog dengan mahasiswa Universitas Malahayati di Graha Bintang.

Lalu, diakhiri dengan menghadiri acara “Desak Anies” di Bento Kopi Lampung.

Ketika bertemu dengan peternak di PT Indo Prima Beef yang berada di Lampung Tengah itu, Anies menerima banyak keluhan dari para peternak.

Para peternak tersebut terdiri peternak sapi, kambing, dan unggas dari berbagai daerah di Lampung dan Sumatera Selatan.

Kepada Anies, mereka menceritakan berbagai macam persoalan dan tantangan yang mereka hadapi dalam beberapa tahun terakhir.

Ada yang mengeluhkan tentang daging sapi yang desifisit karena alih fungsi lahan peternakan dan jumlah peternak yang semakin terbatas.

Selain itu, para peternak juga menyampaikan tentang impor daging.

Dalam hal ini, peternak menilai daging impor yang membanjiri kebutuhan pangan di Indonesia sangat mengancam ketahanan pangan dan eksistensi para peternak dalam negeri.

Semua keluhan dan harapan para peternak itu dicatat oleh Anies.

Anies pun menegaskan, negara harus membantu para peternak mulai dari bibit, pakan, hingga adanya kepastian dari hasil produksi mereka.

“Terima kasih Bapak atau Ibu telah memilih menjadi pemasok kebutuhan dasar masyarakat Indonesia walaupun dengan segala persoalan dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi. Kami sampaikan rasa hormat dan terima kasih.”

“Kami ingin tata niaga ini bisa adil, bisa mensejahterakan semua. Karena prinsipnya adalah kami ingin menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang sudah kuat,” jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies pun berkomitmen akan menyelesaikan tata niaga peternakan, salah satunya dengan memberantas mafia daging.

Dengan ini, sebagai bentuk keseriusannya, mantan Gubernur DKI tersebut bertekad akan membentuk tim khusus untuk memberantas mafia daging.

Anies menyatakan, akan membentuk orang-orang berintegeritas.

Selain itu, orang-orang yang akan direkrut masuk ke dalam tim pemberantas mafia daging memiliki pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan.

“Mungkin akan merekrut orang-orang yang pernah bekerja di KPK yang kemarin tidak lolos TWK (tes wawasan kebangsaan) itu. Kita rekrut saja karena mereka orang-orang berani, orang-orang yang berintegritas,” ujar Anies.

“Dan hal yang lebih penting adalah karena mereka (mantan pegawai KPK yang tidak lolos TWK) punya harga diri yang tidak dijualbelikan.”

“Insya Allah ini akan menjadi agenda utama kita (jika menang pilpres) menyelesaikan dari hulu sampai hilir. Ini bukan persoalan yang rumit untuk diselesaikan tapi mau ditungguin dan diseriusin atau tidak,” kata Anies.

Anies pun meminta kepad apeternak agar merumuskan secara lengkap persoalan mereka sesuai dengan visi perubahan yang digagasnya.

Mulai hal apa saja dari tata niaga peternakan saat ini yang perlu ditingkatkan, bagian mana yang perlu dikoreksi, kebijakan apa yang harus dihentikan, hingga hal baru apa yang dinginkan para peternak dari negara.

“Menyelesaikan ini kami tidak ingin menganggap diri kami menjadi pihak yang lebih tahu.”

“Punya kewenangan bukan berarti lebih punya pengetahuan, karena yang lebih punya pengetahuan adalah pelakunya,” jelas Anies.

 

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *