MASUKI MUSIM PENGHUJAN, MULAI MEMICU TERJADINYA BENCANA LONGSOR DI SEJUMLAH WILAYAH LAMPUNG BARAT

lampungviral.id, Lampung Barat – Wilayah Kabupaten Lampung Barat kini mulai memasuki musim hujan, dan akibat kondisi cuaca saat ini, bencana longsor mulai terjadi di banyak wilayah, antara lain di sejumlah wilayah seperti di jalan utama menuju Pekon Luas, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat Selasa malam (28 November 2023) sekitar pukul 21:00 WIB.

Meski material tanah longsor tidak terlalu besar, namun dampaknya sangat besar terhadap lalu lintas kendaraan bahkan sepeda motor pun tidak bisa melintas.Beberapa tim tanggap bencana Pekon dikerahkan untuk menangani bencana tersebut.

Peratin Luas Mat Riadi, melalui Sekretaris Daerah Lekat, mengatakan, longsor terjadi setelah kawasan itu diguyur hujan deras pada sore dan malam hari. Beruntung saat kejadian tidak ada pengendara yang lewat.

Atas kejadian itu pihaknya mengimbau masyarakat agar dapat waspada terutama saat berkendara dan melintas di wilayah perbukitan.

“Ada beberapa titik jalan utama menuju pekon luas yang berada di bawah tebing, jadi kami minta agar masyarakat waspada terutama saat melintas saat cuaca sedang hujan,” pesannya.

Sementara, diketahui selain di wilayah itu, beberapa waktu sebelumnya hujan deras juga sempat mengakibatkan longsor dan pohon tumbang juga terjadi di ruas jalan nasional di pekon Kenali, Kecamatan Belalau, namun kondisinya tidak sampai mengganggu lalu lintas.

Di lokasi lain, sebelumnya hujan deras juga mengakibatkan satu tiang listrik roboh di pemangku Selipas, Pekon Sukabumi, Kecamatan Batu Brak pada Senin sore (27 November 2023) yang membuat lalu lintas lumpuh total serta mengakibatkan pemadaman listrik di wilayah Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS).

Menanggapi tingginya intensitas hujan yang tengah melanda wilayah lambar saat ini, sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Priyo Utomo melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik Mekal Novisa mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

“Kami imbau warga waspada, karena curah hujan akan terus meningkat. Tim BPBD melalui Pusdalops sendiri kami pastikan selalu siap baik antisipasi maupun penggunaan,” kata dia.

Disisi lain, terkait langkah kesiapsiagaan sebelumnya pihaknya telah Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama pemerintah kecamatan dan pekon untuk memastikan kesiapan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana (PB) pekon yang telah dibentuk.

“Satgas bencana pekon juga sudah kami koordinasikan selain supaya siap, mereka kami minta untuk meningkatkan koordinasi dengan melaporkan setiap kondisi di masing-masing wilayah, supaya apabila ada potensi atau bencana bisa segera ditangani,” kata dia.

 

Artikel ini sebelum ya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *