POLRESTA BANDAR LAMPUNG GELAR DEKLARASI PEMILU DAMAI 2024

lampungviral.id, Bandar Lampung – Polresta Bandar Lampung menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 bersama Forkopimda, partai politik, penyelenggara pemilu, dan relawan calon presiden dan wakil presiden.

Pencanangan Deklarasi Pemilu Damai 2024 berlangsung di di lapangan Mapolresta Bandar Lampung, Selasa (14/11/2023).

Kapolresta Bandar Lampung Pol Ino Harianto mengatakan pemilu merupakan proses langkah demokrasi yang menunjukkan kematangan politik yang menentukan masa depan Indonesia.

“Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan dalam berpolitik, dalam berdemokrasi di Indonesia,” ujar Ino Harianto dalam sambutannya.

“Ini juga menjadi titik penentu masa depan bangsa dan negara,” imbuhnya.

Dalam rangka mengamankan Pemilu 2024, Ino mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan TNI dan instansi terkait telah menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Adapun Operasi Mantap Brata berlangsung pada 19-20 November 2024 mendatang.

Operasi tersebut diikuti oleh sebanyak 756 personel Polresta Bandar lampung dan 30 personel Kodim 0410/KBL.

“Dalam rangka mengamankan Pemilu 2024, Polresta Bandar Lampung bersama TNI dan instansi terkait telah menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024,” jelas Ino.

“Di samping itu kita juga sudah melaksanakan simulasi sistem pengamanan kota di beberapa tempat,” imbuhnya.

Menurut Ino, Operasi Mantap Brata ditujukan untuk memastikan tahapan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar, dan tertib.

Berdasarkan indeks kerawanan Pemilu, Kota Bandar Lampung termasuk kategori rawan sedang untuk situasi kamtibmas.

Sementara untuk kategori kerawanan money politics dan netralitas ASN, Kota Bandar Lampung masuk kategori rawan tinggi.

Lebih lanjut, Ino mengatakan bahwa Deklarasi Pemilu Damai 2024 menjadi momentum untuk menyatukan persepsi tentang proses pelaksanaan pemilu yang menjadi tanggung jawab bersama dalam mengawal dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kita yakin dan percaya dengan pengalaman yang sudah kita miliki dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya, kita memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi Pemilu 2024,”ujar Ino.

Ia pun mengajak semua elemen masyarakat ikut berperan aktif mengambil bagian demi suksesnya pemilu sesuai dengan porsinya masing-masing.

“Pesta demokrasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata atau penyelenggara pemilu dan peserta pemilu, tetapi semua elemen masyarakat juga harus ikut berperan aktif mengambil bagian demi suksesnya pemilu,” pungkas Ino.

Wakil Wali Kota Bandar Lampung Dedy Amarullah mengapresiasi kegiatan Deklarasi Pemilu Damai tersebut.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Polresta Bandar Lampung yang telah menginisiasi pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai 2024,” ujar Deddy.

Dia pun mengajak semua pihak bersama-sama menjaga kondusivitas menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Berikut bunyi Deklarasi Pemilu Damai 2024:

Kami Sepakat:

1. Akan melaksanakan kampanye secara mendidik, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab untuk mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa.

2. Akan mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengedepankan etika, moralitas serta bertanggung jawab terhadap proses dan hasil.

3. Akan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan Pemilu 2024 secara langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

 

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *