POLISI BERHASIL GAGALKAN PELAKU PENCURIAN DI PARDAWARAS TANGGAMUS

TANGGAMUS28 views

lampungviral.id, Tanggamus – Warga Pekon Pardawaras, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, menggagalkan aksi pencurian di salah satu rumah warga Pekon setempat, Kamis dini hari, 9 November 2023.

Sempat terjadi kejar-kejaran antara warga yang menangkapnya dengan pelaku pencurian.Berkat solidaritas warga, pencuri tersebut akhirnya berhasil ditangkap warga.

Pelaku ditangkap warga Pekon Pardawaras berinisial SD, alamat Pekon Raja Basa, Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS), lalu diserahkan ke Polsek Semaka untuk diproses lebih lanjut.

Kapolsek Semaka Iptu Lusiyanto membenarkan adanya perampokan yang dicegah oleh masyarakat kemudian diserahkan ke Polsek Semaka.

“Pelaku ditangkap di sebuah kolam saat hendak kabur, kemudian dibawa ke Polsek Semaka didampingi Kepala Pekon Pardawaras Teri Atmaja sekitar pukul 03.30 WIB,”kata Lusiyanto, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra.

Kapolsek menjelaskan, kronologi tertangkapnya SD oleh warga, bermula saat saksi Herli melihat orang mencurigakan masuk ke rumah korban Badri melalui jendela depan, yang kemudian saksi berteriak maling. Teriakan saksi didengar warga lain, lalu terjadi kejar-kejaran antara warga dan pelaku.

“Dari hasil penggeledahan, pelaku mengakui niatnya mencuri di rumah Badri, namun belum sempat mengambil barang,” jelasnya.

Dari tangan pelaku, polisi kemudian mengamankan Hp Nokia, Hp Vivo, uang Rp28 ribu, dan satu buah obeng.

“Hasil pemeriksaan pesan masuk di ponsel pelaku mengindikasikan pemesanan narkoba jenis sabu, serta dugaan pelaku dalam kondisi pengaruh narkoba,”papar Lusiyanto.

Ditambahkan kapolsek, bahwa pelaku SD juga tercatat sebagai residivis, hal itu sesuai dengan keterangan dari pelaku yang pernah mendekam di Lapas Kelas II B Kota Agung dengan kasus serupa sebanyak tiga kali.

Kapolsek juga mengapresiasi warga Pekon Pardawaras yang sudah berperan dalam menggagalkan aksi pencurian serta berhasil meredam emosi sehingga tidak terjadi aksi main hakim sendiri.

“Kami ucapkan terima kasih kepada warga Pekon Pardawaras yang telah menunjukkan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan sehingga terduga pelaku berhasil ditangkap,”pungkas Lusiyanto.

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *