DAMKARMAT LAMPUNG SELATAN BERHASIL PADAMKAN KEBAKARAN LAHAN TOL KM 96 NATAR

lampungviral.id, Lampung Selatan – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Lampung Selatan berhasil memadamkan api di lahan samping Tol KM 96.00 A, Kecamatan Natar, Rabu (08/11/23).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah di Kalianda, Rabu, membenarkan timnya bersama sejumlah polisi dan masyarakat setempat berhasil memadamkan kebakaran lahan di Tol Natar.

“Kami telah berhasil memadamkan kebakaran lahan Tol KM 96.00 A- dan Km 97.00 Jalur A Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Lampung,” kata dia.

Pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering, mengakibatkan lahan mudah terbakar.

“Tim Damkar posko Natar yang mendapat laporan pukul 14.05 WIB langsung meluncur ke lokasi dengan mengerahkan satu unit ranpur dari posko Natar,” katanya.

Ia menjelaskan sekitar pukul 15.30 WIB api berhasil dipadamkan dan petugas Damkar terus memantau dan melakukan pendinginan di area lokasi kejadian.

“Jam kejadian pukul 14.00 WIB kemudian jam pelaporan 14.05 WIB, anggota berangkat 14.10 WIB dan api dapat dipadamkan 15.30 WIB,” ujarnya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran,” ujarnya pula.

Di Kabupaten Lampung Selatan masih sering terjadi kebakaran lahan, penyebab utamanya adalah kelalaian dari manusia yang sering membuang pentung rokok dan membakar lahan untuk mulai bertanam.

Artikel ini sebelumnya telah terbit diĀ  sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *