LAMPUNG SALAH SATU JADI SASARAN PEREDARAN ROKOK ILEGAL DARI JAWA

lampungviral.id, Bandar Lampung – Peredaran rokok ilegal di Lampung semakin meningkat setiap tahunnya.

Kantor Wilayah Departemen Umum Bea dan Cukai (DJBC) Sumbar mencatat persentase peningkatan selama dua tahun terakhir mencapai 117%.

Kepala Penyidikan dan Penindakan Bea Cukai Sumbar Kunto Pasti Trenggono mengatakan hingga Oktober 2023, tercatat ada 87 juta pengungkapan rokok ilegal.

“Tahun 2023 ini belum selesai namun hingga bulan Oktober 2023 kami berhasil mengungkap peredaran rokok ilegal sebanyak 87.872.0404 batang. Jumlah ini tentunya sangat tinggi jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 74.931.852 batang sampai di bulan Oktober 2022, jika dipersentasekan meningkat sekitar 117 persen,” kata dia, Jumat (3/11/2023).

Kunto melanjutkannya, untuk total keseluruhan pengungkapan rokok ilegal di tahun 2022 mencapai 86 juta batang.

“Jumlah 74 juta itu hanya sampai dengan bulan Oktober 2022. Namun untuk keseluruhan di tahun lalu itu sebanyak 86.233.212 batang. Dan untuk di tahun ini tentu akan bertambah,” jelas dia.

Menurut Kunto, alasan Lampung menduduki salah peringkat tertinggi dalam peredaran rokok ilegal karena faktor wilayah yang berdekatan dengan pulau Jawa.

“Lampung ini kan gerbangnya Sumatera, semua dari Jawa itu masuknya melalui Lampung. Dan belakangan memang Lampung ini jadi tempat strategis untuk peredaran rokok ilegal,” terang Kunto.

Disinggung modus yang digunakan para pelaku, dia menyebutkan modus yang dipakai tidak jauh berbeda dengan peredaran narkoba yakni sistem putus.

“Tidak jauh berbeda cara main mereka dengan narkoba, mereka sistem putus tanpa mengenal siapa yang menyuruh mereka mengantarkan barang. Begitu juga nanti jika barang itu sudah tiba di tujuan, itu barang hanya ditinggal dan ada yang menjemput lagi,” tandasnya.

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *