POLDA LAMPUNG MUSNAHKAN RATUSAN KG NARKOBA, TERMASUK 60 KG DARI JARINGAN FREDY PRATAMA

NARKOTIKA32 views

lampungviral.id, Narkotika – Ratusan kilogram narkoba dimusnahkan Polda Lampung, Rabu (25 Oktober 2023).

Narkoba tersebut merupakan hasil penemuan enam kasus pada Mei hingga Oktober 2023, termasuk jaringan narkoba internasional Fredy Pratama.

Diketahui, dari jaringan Fredy Pratama, Polda Lampung total menangkap 27 orang tersangka.

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika mengatakan, total barang bukti yang dimusnahkan diperkirakan bernilai ekonomi lebih dari Rp 200 miliar.

“Dari total barang bukti yang dimusnahkan tersebut, kita dapat menyelamatkan sebanyak 592.529 jiwa dari bahaya narkoba,” kata Helmy.

“Apabila dinilai secara ekonomis maka barang bukti yang dimusnahkan itu bernilai sebesar Rp 200.456.813.500,” ucapnya.

Irjen Pol Helmy Santika mengatakan, pihaknya berhasil menyita barang bukti narkotika sebanyak 60 kilogram dari jaringan Fredy Pratama.

“Barang bukti ini merupakan hasil pengungkapan dari enam kasus berbeda, dimana salah satu kasus yang menonjol yakni jaringan narkoba Fredy Pratama,” ujar Helmy Santika saat konferensi pers di Mapolda Lampung, Rabu (25/10/2023).

“Total keseluruhan tersangka yang diamankan sebanyak 52 orang, 27 orang di antaranya merupakan jaringan Fredy Pratama,” jelasnya.

Diketahui, total barang bukti terkait narkoba yang dimusnahkan Polda Lampung antara lain 54,4 kg ganja, 129,7 kg sabu, 18.989 butir ekstasi, dan total tembakau 24,35 gram.

Pemusnahan barang bukti terkait narkoba kali ini mendapat persetujuan dari Kejaksaan Negeri Bandar Lampung, Kejaksaan Negeri Lampung Selatan, dan Kejaksaan Negeri Pesawaran.

Sebelum dimusnahkan, sampel barang bukti terkait narkoba terlebih dahulu diuji untuk memverifikasi keasliannya

“Barang bukti narkotika ini dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam sebuah tong dan diberi bahan bakar minyak, lalu dibakar dan abunya akan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA),” jelas Helmy.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat pasal berlapis UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati.

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *