DAMKARMAT KOTA BANDAR LAMPUNG CATAT ADA 185 KEBAKARAN LAHAN

lampungviral.id, Bandar Lampung – Dalam kurun waktu 2 bulan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Bandar Lampung mencatat terjadi 185 titik kebakaran di wilayah tersebut.

Hal tersebut Kepala Dinas Pemadam kebakaran dan penyelamatan kota Bandar Lampung, Anthony Irawan, Selasa (24/10/23) sore.

Diketahui 185 kebakaran terjadi antara September dan 24 Oktober 2023.

“Untuk September itu total ada 84 kali kebakaran di Kota Bandar Lampung. Kemudian di bulan Oktober ini sampai dengan tanggal 24 sudah 101 kali kebakaran,” katanya.

Anthony menjelaskan 185 kali kebakaran tersebut, terdiri dari kebakaran lahan, kebakaran bangunan penduduk (rumah) dan kebakaran kendaraan.

“Bulan September kebakaran lahan itu 78 kali, kemudian kebakaran kendaraan 2 kali, kebakaran bangunan industri 1 kali dan kebakaran bangunan penduduk (rumah) itu 3 kali,” ucapnya.

“Kalau untuk bulan Oktober itu ada 4 kali kebakaran bangunan penduduk (rumah), 1 kali kebakaran bangunan umum (ruko), kemudian 96 kali kebakaran lahan,” lanjutnya.

Anthony menambahkan adapun penyebab kebakaran itu terjadi diduga karena membakar sampah sembarangan.

“Untuk kebakaran lahan mayoritas itu karena membakar sampah sembarangan, termasuk buang putung rokok. Tapi kalau untuk bangunan produk industri dan bangunan penduduk didominasi korsleting listrik,” kata dia.

Menurut Anthony, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun dua orang mengalami luka bakar.

“Kalau sampai 2 bulan ada dua korban mengalami luka bakar, itu terjadi di Kelurahan Palapa, itu kebakaran rumah,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Anthony, selama proses pemadaman api, pihaknya sempat mengalami kendala salah satunya kesulitan menjangkau lokasi yang berada di perbukitan.

“Kendala di lapangan itu pasti ada, karena kan lokasi dan medan terjadinya kebakaran ini tidak sama berbeda-beda. Sekarang kendala kita di lapangan ketika terjadi kebakaran di daerah perbukitan atau pergunungan yang akses untuk armada pemadam kebakaran ini tidak ada,” ungkapnya.

Untuk itu, Anthony pun mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya kota Bandar Lampung untuk tidak membakar sampah sembarangan.

“Kami himbau untuk mengurangi kegiatan-kegiatan yang berpotensi terjadinya kebakaran, seperti buang puntung rokok ataupun membakar sampah. Pemerintah Kota Bandar Lampung punya Dinas Lingkungan Hidup lingkungan itu salah satu tupoksinya adalah mengangkut sampah. Jadi seluruh warga masyarakat baiknya ketika ada sampah tidak dibakar, gunakan petugas kebersihan yang telah disediakan oleh pemerintah supaya bisa ditangani diangkut dengan aman,” pungkasnya.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *