JEMBATAN DI PEKON PAGAR DEWA, LAMPUNG BARAT PUTUS DIHANTAM BANJIR

lampungviral.id, Lampung Barat – Jembatan yang sempat putus penghubung Pekon Pagar Dewa dan Suka Mulya, Kecamatan Sukau, Lampung Barat, Lampung akan segera dibangun kembali.

Jembatan yang terletak di Pekon Pagar Dewa, Kecamatan Sukau, Lampung Barat diketahui sempat putus akibat banjir sehingga menyebabkan sejumlah orang terisolasi.

Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR Pemkab Lampung Barat, mengatakan jembatan tersebut merupakan penghubung prioritas yang akan dibangun pada tahun 2024.

“Pemkab akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2 miliar lebih untuk membangun jembatan permanen berupa beton berkerangka baja,” ujar dia mewakili Kepala Dinas PUPR, Ansari, Selasa (24/10/2023).

“Pembangunan jembatan tersebut telah masuk sebagai salah satu prioritas pembangunan infrastruktur untuk tahun 2024 mendatang,” sambungnya.

Sebagai informasi, pembangunan jembatan senilai Rp 2 miliar tersebut bersumber dari APBD 2024.

Robert menjelaskan, pembangunan ini menjadi prioritas karena jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses utama keluarnya masyarakat Pekon Suka Mulya.

Jembatan ini sudah bertahun-tahun menjadi penghubung masyarakat Pekon Suka Mulya untuk bersekolah, bekerja dan mengangkut hasil pertanian ke pasar.

Namun sejak jembatan putus, masyarakat kini hanya mengandalkan jembatan gantung sementara yang dibangun BPBD Lampung Barat bekerja sama dengan Vertikal Rescue Indonesia (VRI).

Pihaknya berharap masyarakat setempat agar dapat bersabar di tengah keterbatasan mobilitas yang terjadi saat ini.

Sebab menurutnya, jembatan gantung sementara yang telah dibangun tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Jembatan gantung itu kan sifatnya masih sementara, jadi baru sepeda motor saja yang bisa lewat,” jelas Robert.

“Mudah-mudahan tahun depan ini secepatnya bisa terealisasi sehingga mobilitas kendaraan terutama mobil bisa masuk kembali,” pungkasnya.

Sebagai informasi, adanya hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Minggu (13/11/2022) lalu di Lampung Barat membuat beberapa wilayah terkena bencana.

Ratusan warga Pekon Suka Mulya juga sempat terisolir dan membuat roda perekonomian di wilayah setempat terhenti imbas musibah itu.

Untuk membantu kelancaran transfortasi barang dan orang, akhirnya BPBD Lampung Barat bersama VRI melakukan pembangunan jembatan gantung sementara.

Jembatan gantung sementara itulah yang saat ini masih dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjadi akses utama keluar masuk.

 

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *