MASYARAKAT LAMPUNG GELAR AKSI SOLIDARITAS UNTUK PALESTINA AKIBAT KONFLIK DENGAN ISRAEL

lampungviral.id, Bandar Lampung – Antusias masyarakat Lampung yang ikut tergabung dalam Aliansi Lampung Bersama Palestina menggelar aksi solidaritas untuk Palestina akibat eskalasi konflik dengan Israel yang meningkat dan memakan banyak korban dari sipil.

“Dalam aksi ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Lampung untuk bersama-sama berdiri tegak menyuarakan dukungan solidaritas terhadap Palestina atas penjajahan Israel,” kata Ketua Aliansi Lampung Bersama Palestina M. Yasir Setiawan, di Bandarlampung, Minggu.

Ia pun mengatakan bahwa dalam aksi yang digelar di Tugu Adipura Kota Bandarlampung tersebut Aliansi Lampung Bersama Palestina tidak hanya memberikan dukungan moril namun juga terdapat penggalangan donasi yang akan di salurkan ke Gaza.

“Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat Lampung khususnya tentang pentingnya Palestina bagi umat Islam, di sana terdapat masjid Al Aqso yang merupakan tempat suci ke tiga kaum Muslimin,” kata dia.

Ia pun meminta Pemerintah Indonesia bersikap tegas kepada Israel yang secara membabi buta melakukan serangan-serangan ke Palestina dengan menargetkan lokasi-lokasi padat penduduk serta fasilitas umum seperti rumah sakit dan tempat ibadah.

“Meskipun Presiden Joko Widodo sudah memberikan pernyataan tegas tapi kami ingin ada tindakan tegas dari pemerintah dengan tidak membolehkan produk-produk Israel dan sekutunya masuk ke Indonesia,” kata dia.

Selain itu, ia pun mengatakan bahwa Aliansi Lampung Bersama Palestina, mendesak pemerintah Indonesia untuk terus melakukan upaya diplomatik internasional guna menyuarakan dukungan kemerdekaan terhadap Palestina.

“Hal ini sebagaimana yang diamanatkan dan termaktub dalam pembukaan UUD 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,” kata dia.

Yasir pun mengecam Amerika Serikat atas keputusan mengirim kapal induk ke laut dekat Israel yang menunjukkan dukungannya terhadap pendudukan Israel di tanah Palestina.

“Oleh karenanya kepada dewan keamanan PBB untuk segera melakukan upaya diplomatik mengakhiri peperangan dan melakukan upaya perundingan damai. Bahwa Israel harus menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) rakyat Palestina serta Israel juga harus tunduk kepada hukum internasional,” kata dia.

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *