PEMERINTAH SIAPKAN RENCANA SUBSIDI BERAS MEDIUM UNTUK MASYARAKAT LAMPUNG

lampungviral.id, Bandar Lampung – Pemprov Lampung akan mengumumkan anggaran belanja luar biasa (BTT) untuk menstabilkan harga beras di Lampung yang terus meningkat.

Anggaran belanja luar biasa tersebut selanjutnya akan digunakan untuk subsidi beras bagi masyarakat Lampung, termasuk penyelenggaraan kegiatan pasar.

“Kita dalam waktu dekat Insya Allah sudah mendapat persetujuan dari Pak gubernur menggunakan (anggaran) belanja tak terduga, didukung operasi pasar untuk menstabilkan harga beras,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto dalam keterangannya.

Namun, Fahrizal tidak membeberkan berapa besaran anggaran yang dikeluarkan akibat pengeluaran tak terduga tersebut. Sebab, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan.

“Nanti, ada hitung-hitungannya itu yang akan kita lakukan. Tapi sesuai arahan Mendagri kita menggunakan dana belanja tak terduga untuk mengendalikan harga beras,” jelasnya.

Menurut dia, subsidi beras untuk masyarakat Lampung dan operasi pasar akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Segera kita rapatkan untuk operasionalnya dan pelaksanaannya bersinergi bersama dengan Bulog,” ujarnya.

Selain harga beras yang menjadi perhatian serius, Pemprov Lampung juga diminta untuk terus memonitor harga komoditas lainnya, seperti bawang putih dan juga cabai.

“Pak Mendagri tadi dalam rapat inflasi rutin juga mengharapkan kepada seluruh daerah untuk terus memonitor, terutama harga beras, bawang putih dan cabai. Itu menurut catatan BPS tiga komoditas itu yang sekarang tinggi,” ungkapnya.

Tak hanya menggunakan anggaran belanja tak terduga, beberapa program saat ini juga disebut sudah berjalan dalam menstabilkan harga komoditas pangan di Lampung.

“Untuk di kita sebetulnya program berjalan, dana dekonsentrasi dari Bapanas sudah berprogres, tesus Disperindag juga terus melakukan operasi pasar,” pungkasnya. (Lih/Put)

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *