PEMKAB MESUJI KEJAR PROGRAM PENERANGAN LISTRIK KE DESA-DESA

MESUJI53 views

lampungviral.id Mesuji – Pemerintahan Kabupaten Mesuji terus mengupayakan program-program yang ada di Kementerian dan pemerintah pusat. Kekhawatiran besar bukan hanya pembangunan infrastruktur jalan saja, tetapi permasalahan penerangan atau listrik ke desa juga menjadi kebutuhan warga Kabupaten Mesuji.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji, Sulpakar mengajukan usulan Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) kepada 1.090 rumah tangga miskin berdasarkan usulan dan validasi yang dilakukan di desa tersebut.

Usulan tersebut kemudian disampaikan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia di Jakarta.

“Alhamdulillah, usulan yang kita ajukan mendapat tanggapan dan jawaban dari kementerian ESDM Republik Indonesia,” kata Welly, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Energi Baru Terbarukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji, Jumat (13/10/2023).

Welly menambahkan, Kabupaten Mesuji mendapat kuota 271 KK untuk tahun 2023 dan sisanya 819 KK untuk anggaran 2024.

Selain itu, ia menjelaskan bantuanyang diberikan oleh Kementerian ESDM RI antara lain pemasangan sistem lampu LED 10 watt, 3 buah saklar, stop kontak dan aksesoris lainnya).

Periksa dan uji instalasi listrik, sambungan baru (kapasitas 900 watt), beban token listrik awal.

Di Kabupaten Mesuji, langkah awal telah dilakukan di Kecamatan Mesuji, diantaranya Desa Sidomulyo dan 6 KK sedang memasang sistem kelistrikan.

Mulyasari 10 Rumah Tangga, Suka Maju 20 Rumah Tangga, Tanjung Serayan 29 Rumah Tangga kemudian Kecamatan Tanjung Raya di Desa Keagungan Dalam 33 Rumah Tangga, Desa Gedung Mulya 33 Rumah Tangga.

Desa Tanjung Harapan 9 Rumah Tangga, Sri Tanjung 10 Rumah Tangga, di Kecamatan Pancajaya Desa Fajar Indah 12 Rumah Tangga dan di Kecamatan Mesuji Timur Desa Dwi Karya Mustika 11 Rumah Tangga, sisanya menunggu SK Penetapan dari Kementerian ESDM.

“Untuk saat ini sedang dilakukan Pemasangan Kwh Gratis di Desa Keagungan Dalam Kecamatan Tanjung Raya dan sudah 80 ℅ di lakukan pemasangan Kwh dari seluruh kuota yang diberikan untuk Kabupaten Mesuji,” jelas Welly

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, bahwa untuk tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji kita usulkan ke Kementerian ESDM, total ada 1.090 Rumah Tangga, memang semua di lakukan secara bertahap, 271 Rumah Tangga Tahun 2023 jadi mohon bersabar untuk Kecamatan yang lain yang belum di lakukan BPBL (Bantuan Pemasangan Baru Listrik) di Tahun 2024 kuotanya 819 Rumah Tangga.

“Mohon do’a dari seluruh masyarakat Mesuji, mudah mudahan apa yang Pemkab Mesuji Lakukan terus mendapat kemudahan dan kelancaran sehingga dapat menyikapi masalah dan menjawab keluhan yang ada di masyarakat,” terangnya

Sulpakar memaparkan, kalau hanya mengandalkan APBD Kabupaten Mesuji untuk membangun Kabupaten Mesuji memerlukan waktu yang sangat lama bahkan berpuluh puluh tahun.

“Dengan membangun jaringan ke Kementerian dan Pemerintah Pusat kita dapat mengetahui program apa saja yang ada di sana dan semaksimal mungkin bisa kita bawa ke Kabupaten Mesuji.

Dan Alhamdulilah, sudah terlihat hasilnya hasil usaha dan kerja keras kita bersama. Sehingga beberapa program serta bantuan Pemerintah Pusat dan Kementerian sudah dapat kita realisasikan di Kabupaten Mesuji.

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *