DAMPAK KEBAKARAN LAHAN DI LAMPUNG TENGAH AKIBATKAN PUNTUNG ROKOK

lampungviral.id, Lampung Tengah – Kebakaran lahan terjadi kembali di Jalan Lintas Tengah, ruas Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah yang disebabkan oleh puntung rokok.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran beserta enam orang personil pemadam kebakaran diterjunkan, untuk memadamkan api.

“Kemarin saat menjelang magrib, terjadi kebakaran di Kecamatan Terbanggibesar, yang diakibatkan oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan. Dua unit mobil damkar dan enam orang personil kami terjunkan,” kata Sukur selaku Kasubdit Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pol PP Lampung Tengah, Jumat, 6 Oktober 2023.

Menurutnya, puntung rokok yang sembarangan dibuang membakar tumpukan triplek, sehingga api cepat menyebar dan mengakibatkan kebakaran lahan di wilayah tersebut.

“Tumpukan truplek yang terbakar, sehingga api cepat melus di lokasi ditambah angin yang kencang, sehingga api dapat dipadamkan hinggga malam hari. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres mengimbau bahwa dampak El Nino merupakan fenomena alam, untuk itu sebagai upaya dalam mengatasinya semua elemen harus bahu-membahu bekerja sama untuk menjaga lingkungan, tidak melakukan pembakaran secara sembarangan.

“Kita harus fahami, bahwa untuk menyelsaikan soal alam kota harus bekerja sama, antara pemerintah dan masyarakat. Kita selesaikan bersama, jangan masyarakat mau singkat, simpel dan murah dengan membakar. Kami akan lakukan pengawasan secra menyeluruh, jika terjadi pelanggaran maka kami akan melakukan penegakan hukum.”

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *