DEMOKRAT DAN PKB BERSAING KETAT DALAM MEMPEREBUTKAN ZAM ZANARIAH SEBAGAI BACALEG DPRD LAMPUNG

POLITIK31 views

lampungviral.id, Politik – DPW PKB Lampung dan DPD Demokrat Lampung berebut Dr. Zam Zanariah sebagai bacaleg DPRD Lampung. Kedua partai tersebut mendaftarkan perempuan tersebut di Dapil I Lampung.

Pemantauan Lampost.co pada Selasa malam, 3 Oktober 2023, DPW PKB Lampung tetap memasukan Zam pada masa akhir pencermatan rancangan DCT.

Sementara terkait hal tersebut, LO DPW PKB Lampung, Lilis, enggan berkomentar. “Saya enggak berwenang, tanyakan ke LPP saja,” kata Lilis.

Sementara itu, DPD Demokrat Lampung juga terus mengusung Dr Zam Zanariah sebagai calon legislatif hingga berakhirnya penyerahan rencana kajian DCT.

Padahal Dr Zam melalui postingan media sosialnya mengaku mencalonkan diri sebagai caleg PKB di Daerah Pemilihan Lampung I Nomor 5.

“Di sini tetap kami ajukan,” ujar petugas Silon Demokrat Lampung, Mahesa, di kantor KPU.

Selain itu, Partai Demokrat mengganti 4 bacaleg di 4 daerah pemilihan. Namun dia tidak menjelaskan secara spesifik. “Lihat saja DCT untuk lebih jelasnya,” ujarnya.

Untuk memenuhi kondisi tersebut, Komisioner Teknis Kelembagaan KPU Lampung Ismanto mengatakan, berdasarkan PKPU 10 Tahun 2023 diatur bahwa perubahan atau penggantian bacaleg harus memiliki surat persetujuan partai politik di tingkat pusat.

Oleh karena itu, jika Zam Zanariah berpindah partai, ia harus mendapat persetujuan DPP Partai Demokrat dan PKB. Namun, anda juga bisa cukup menyerahkan surat pengunduran diri Anda ke partai lama.

Surat tersebut wajib diunggah ke Sistem Informasi Calon (Silon) pada saat mendaftar sebagai bacaleg dari partai baru untuk dilakukan verifikasi.

“Jika partai lama masih memiliki data bacaleg di silon, kami akan terus melakukan klarifikasi kepada parpol mana yang akan dipilih, baru kemudian ditentukan,” ujarnya.

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *