DAMKARMAT KABUPATEN LAMPUNG SELATAN BERHASIL PADAMKAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

lampungviral.id, Lampung Selatan – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Lampung Selatan berhasil memadamkan dua kebakaran hutan dan lahan di kawasan itu pada Minggu.

“Damkar dan Tim Penyelamat berhasil memadamkan kebakaran lahan di dua lokasi pada Minggu (10 Januari),” kata Rully Fikriansyah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkarmat Lampung Selatan di Kalianda, Minggu.

Ia kemudian menjelaskan, kebakaran lahan di Kabupaten Lampung Selatan hari ini terjadi sejak subuh hingga senja hari.

Untuk memadamkan kebakaran lahan di Jalan Rajawali, Desa Candimas, Kecamatan Natar, kejadian terjadi sekitar pukul 11.10 WIB di Pos Pemadam Kebakaran Natar, ”ujarnya.

Kebakaran lahan selanjutnya terjadi di Kecamatan Kalianda pada pukul 14.00 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 14.48 WIB. Ia mengatakan, saat memadamkan api di darat di Pantai Bagus Merak Belantung Kecamatan Kalianda, kejadian terjadi sekitar pukul 14.00 WIB di Pos Pemadam Kebakaran Kalianda.

Selain itu, ia menjelaskan kebakaran lahan kembali terjadi di kawasan Institut Teknologi Sumatera dengan luas lahan terbakar sekitar 15 hektare.

“Saat proses pemadaman api di lahan milik ITERA seluas 15 hektare, Kabupaten Lampung Selatan, kejadian terjadi pada pukul 10.45 WIB di Pos Damkar Tanjung Bintang dan Posko Damkar Tanjung Bintang. Jati Agung,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, ia mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat penting untuk meningkatkan kewaspadaan saat proses pembukaan lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang menggunakan jalan rawan kebakaran untuk tidak membuang puntung rokok karena dapat menimbulkan kebakaran.

“Kami mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menggunakan api, jangan membuang sisa makanan atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menimbulkan kebakaran,” ujarnya.

Artikel sebelumnya telah terbit di sini 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *