SIMAK! INI 5 AMALAN MAULID NABI YANG HARUS UMAT ISLAM KETAHUI

RELIGI31 views

lampungviral.id,Religi – Umat ​​Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai ritual Maulid sebagai tanda syukur di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Bulan Rabiul Awal merupakan salah satu bulan yang berharga dan istimewa bagi umat Islam. Karena bulan ini merupakan bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW, seorang manusia yang menjadi berkah bagi seluruh dunia.

Selama bulan ini, umat Islam mempunyai kesempatan untuk merenungkan ajaran Nabi dan mempertebal rasa cinta dan hormat mereka kepada Nabi SAW. Isnan Ansory dalam bukunya Pro Kontra Maulid Nabi menyebutkan Syaikh as-Sayyid Zain Aal Sumaith, dalam karyanya Masail Katsuro Haulaha an-Niqosy wa al-Jidal mendefinisikan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu peringatan Maulid Nabi dengan menyebutkan kisah hidupnya. , serta segala tanda-tanda keagungan dan mukjizat Nabi SAW untuk mengagungkan statusnya dan mengungkapkan kegembiraan atas kelahirannya.

Salah satu bentuk mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukur itu yakni dengan memperbanyak amalan sunnah di antaranya membaca sholawat.

5 Amalan Maulid Nabi

1. Membaca Sholawat Amalan Maulid Nabi pertama bagi muslim yakni memperbaanyak bacaan sholawat. Menurut Syekh Abdul Hamid Qudus bahwa di bulan Rabiul Awal disunahkan memperbanyak shalawat pada Rasulullah.
Ia berkata;

اعلم أنه يطلب فى هذا الشهر كثرة الصيام, والصلاة على نبينا سيد الأنام, صلى الله تعالى وسلم عليه وزاده شرفا وكرما لديه

Artinya; Ketahuilah bahwa dianjurkan pada bulan ini (Rabiul Awwal) untuk memperbanyak melakukan puasa sunah dan membaca shalawat kepada pemimpin umat Nabi Muhammad Saw”.

2. Puasa Sunnah Amalan Maulid Nabi berikutnya yang bisa muslim amalkan yakni menjalankan puasa sunnah seperti puasa ayyamul bidh, puasa senin kamis, maupun puasa masyru’iyyah lainnya.
Berdasarkan kitab Kanz an-Najah wa s-Surur fi al-Ad’iyati allati Tasyrohu as-Shudur memperbanyak berpuasa dan membaca shalawat di bulan Rabiul Awal adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ini adalah tindakan ibadah yang dianjurkan dan dianggap sangat baik dalam Islam.
Selain itu, banyak umat Muslim juga mengadakan berbagai acara dan kegiatan keagamaan selama bulan ini untuk mengenang dan merayakan kelahiran Nabi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW;

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya; Nabi Saw ditanya mengenai puasa hari Senin. Beliau menjawab; Itu adalah hari aku dilahirkan, pada hari itu aku diutus dan pada hari itu aku mendapatkan wahyu.

3. Memperingati Maulid Nabi Amalan Maulid Nabi selanjutnya yakni merayakan atas kelahiran Nabi SAW. Imam Suyuthi mengatakan dalam kitab Al-Wasail fi Syarhis Syamail, membaca kisah kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah suatu amalan yang mulia.
Amalan tersebut memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendapat syafaat dari malaikat. Imam Suyuthi berkata;

مَا مِنْ بَيْتٍ أَوْ مَسْجِدٍ أَوْ مَحَلَّةٍ قُرِئَ فِيْهِ مَوْلِدُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا حَفَّتِ الْمَلاَئِكَةُ ذَلِكَ الْبَيْتَ أَوِ الْمَسِجْدَ أَوِ الْمَحَلَّةَ، وَصَلَّتِ الْمَلاَئِكَةُ عَلَى أَهْلِ ذَلِكَ الْمَكَانِ، وَعَمَّهُمُ اللهُ تَعَالَى بِالرَّحْمَةِ وَالرِّضْوَانِ، وَأَمَّا الْمُطَوَّقُوْنَ بِالنُّوْرِ يَعْنِيْ جِبْرَائِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَعِزْرَائِيْلَ عَلَيْهِمُ السَّلاَمُ فَإِنَّهُمْ يُصَلُّوْنَ عَلَى مَنْ كَانَ سَبَبًا لِقِرَاءَةِ مَوْلِدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya; tidak ada rumah, masjid, atau tempat lain yang di dalamnya dibacakan kisah kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam kecuali malaikat mengelilingi rumah, masjid, atau tempat tersebut. Malaikat juga mendoakan penduduk tempat tersebut, dan Allah ta’ala melimpahkan rahmat dan ridha-Nya kepada mereka. Adapun malaikat yang dikelilingi oleh cahaya, yaitu Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail alaihimus salam, maka mereka mendoakan orang yang menjadi sebab dibacakannya kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

4. Membaca Al-Quran Amalan Maulid Nabi berikutnya adalah membaca Al-Quran dan memahami maknanya. Terutama ayat-ayat yang berkaitan dengan kepribadian Nabi SAW, perjuangan dakwah Nabi SAW dan kehidupan Nabi SAW. Dengan mendalami ayat-ayat tersebut maka rasa cinta mendalam terhadap Nabi Muhammad SAW akan semakin kuat.

5. Sedekah dan berbuat baik Amalan Maulid Nabi lainnya yakni melakukan sedekah dan berbuat baik kepada sesama. Salah satu ajaran yang paling penting dalam Islam adalah kepedulian terhadap sesama.
Selama bulan Rabiul Awal, kita dapat meningkatkan amalan kebaikan dengan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, mengunjungi orang sakit, atau membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan. Ini adalah cara yang baik untuk mengikuti jejak kasih sayang dan belas kasih Nabi Muhammad SAW. Itulah amalan Maulid Nabi yang bisa dilakukan umat islam agar mendapat rahmat dan syafaat Rasulullah SAW.
Wallahu A’lam

artikel ini telah terbit di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *