RAIH PREDIKAT TERBAIK PONPES ROWDHOTUL ALIMIR ROBBANIY LAMPUNG TENGAH PANEN BANTUAN, INI FAKTANYA!

RELIGI44 views

lampungviral.id, Religi – Pondok Pesantren (Ponpes) Rowdhotul Alimir Robbaniy di Kabupaten Lampung Tengah dinobatkan sebagai salah satu dari tiga pengelola apartemen LPKB terbaik di Indonesia. Berkat prestasi tersebut, pesantren ini mendapat sejumlah dukungan dari pemerintah pada Kamis (28 September 2023).

Pondok pesantren yang terletak di Desa Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah ini, memiliki apartemen sebagai tempat tinggal santri dan santri putra dan putri.

Dalam proses pembangunan, jumlah apartemen milik Pondok Pesantren Rowdhotul Alimir Robbaniy terus bertambah. Kementerian PUPR juga memberikan dukungan untuk pembangunan gedung apartemen baru dan fasilitas penunjang lainnya. Ketua Pondok Pesantren Rowdhotul Alimir Robbaniy Kabupaten Lampung Tengah, H. Purnama Abadi mengatakan, pesantren yang dipimpinnya mendapat dukungan dari Kementerian PUPR pada tahun 2020 berupa apartemen santri dengan luas 8×8 meter persegi, lantai 2, dengan luas 4 barak.

“Kemudian pada saat yang sama juga ada bantuan berupa sanitasi senilai Rp 200 juta. “Kami akan menerima kunci kamar mandi dan apartemen,” katanya.

Untuk pertanyaannya, kita perlu mengetahui berapa kapasitas yang diharapkan dari gedung apartemen tersebut? Ia menjawab, apartemen yang akan dibangun meliputi empat barak yang mampu menampung 88 orang. Cocok dengan tempat tidur yang ada. Lanjutnya, pada tahun 2023, apartemen santri Pondok Pesantren Rowdhotul Alimir Robbaniy mendapat nilai tertinggi di Indonesia. Lalu alhamdulillah kemarin kami juga menerima dana aspirasi yang akan mewujudkan gedung ini.

“Masih dalam pemantauan, kemarin dari PUPR provinsi yang akan mengawasi dana aspirasi pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Pondok Pesantren Rowdhotul Alimir Robbaniy mendapatkan bantuan berupa BLK (Balai Latihan Kerja) dari Kementerian Tenaga Kerja berupa bangunan yang nilainya Rp. 1 milyar. Nilai bangungan Rp. 500 juta, dan nilai komputer dan sebagainya Rp. 500 juta.

Dia bersyukur, kemarin Pondok Pesantren Rowdhotul Alimir Robbaniy sudah mengikuti kegiatan BLK. Belum lama ini ada undangan ke Jakarta 2 hari. Pernah juga diundang ke Surabaya 3 hari.

“Kemarin kami juga mengirimkan untuk pelatih ke Bekasi. Dan yang terakhir nanti kita akan mengirimkan instruktur ke Bekasi selama 2 bulan,” jelasnya.

Kepada Kementerian PUPR dia mengucapkanb terimaksih atas bantuan kepada Pondok Pesantren Rowdhotul Alimir Robbaniy. Karena sangan bermanfaat untuk para santri.

“Dan kemarin juga ada permintaan lagi kalau tanah ini siap, kita akan dikasih rusun santri yang tidak hanya mini. Ini kan mini, 8×3 meter persegi. Kami akan dikasih jumbo. Jumbo itu 13×32,” pungkasnya.

Sementara itu, Bawon, seorang wali santri mengaku bersyukur dan terbantu dengan adanya bantuan dari Kementerian PUPR.

“Mudah mudahan rusun santri ini kedepannya menjadi tempat pendidikan formal informal, dan mudah mudahan kedepannya tambah barokah,” ujar Bawon, yang juga Calon Anggota Legislatif dari PKS, Daerah Pemilihan IV, Kabupaten Lampung Tengah ini.

Wasono, Wali santri sekaligus guru di Pondok Pesantren Rowdhotul Alimir Robbaniy, mengaku bangga dengan penghargaan apartemen terbaik nasional yang diterima pondok pesantren tersebut. Dikatakannya, sudah bisa dilakukan penilaian sehingga kami berharap apartemen yang ada diperbaiki.

“Meski belum ada penambahan ruang belakang, mungkin nanti bisa dimanfaatkan untuk menambah kamar anak,” ujarnya.

Karena standarnya dirancang untuk 98 siswa tetapi ada 136 siswa yang menempati ruangan, maka terlalu ramai. Jika dapat menambah ruang pada bagian belakang lantai dasar maka dapat mengurangi kepadatan. Selain itu, kami sebagai orang tua sangat bangga karena anak-anak di sini dibesarkan dengan baik dari segi akhlak dan pendidikan secara umum.

artikel ini telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *