INI AMALAN DI HARI JUMAT, SIMAK ! NOMOR 7 SERING TERLUPAKAN

RELIGI38 views

lampungviral.id, Religi – Jumat memiliki tempat khusus bagi umat Islam. Jumat disebut sayyidul ayyam (pemimpin hari itu). Artinya hari yang mempunyai nilai istimewa dibandingkan hari-hari lain dalam seminggu.
Ada ibadah yang secara khusus dianjurkan oleh hukum Syariah pada hari Jumat. Berikut amalan yang boleh dilakukan umat Islam di hari Jumat, seperti dikutip dari situs NU Online.

Amalan Sunnah di Hari Jumat

1. Mandi Jumat

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

“Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya”. (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Kesunnahan mandi Jumat ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki yang diwajibkan melakukan Jumat, namun juga berlaku bagi anak kecil, hamba sahaya, perempuan dan musafir yang berniat menghadiri sholat Jumat, meskipun mereka tidak diwajibkan melaksanakan Jumat.

2. Bergegas hadir menuju tempat sholat Jumat

Sejak terbit fajar di pagi hari Jumat, dianjurkan bergegas menuju tempat sholat Jumat. Seseorang yang lebih awal berangkat Jumatan mendapatkan pahala melebihi orang yang datang setelahnya.

Anjuran ini berlaku untuk selain imam. Adapun bagi imam yang disunahkan baginya adalah mengakhirkan hadir sampai waktu khutbah, karena mengikuti sunah Rasulullah.

3. Memakai pakaian putih

Anjuran ini berdasarkan hadits Nabi:

اِلْبَسُوْا مِنْ ثِيَابِكُمْ اَلْبَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ

“Pakailah dari pakaian kalian yang berwarna putih. Karena sesungguhnya pakaian putih termasuk pakaian terbaik bagi kalian”. (HR. al-Tirmidzi).

4. Membersihkan tubuh

Pada hari Jumat, sunnah membersihkan badan dengan mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, menggunting kumis, memotong kuku, bersiwak dan menghilangkan bau badan.

5. Memakai parfum

Tidak ada ketentuan khusus mengenai parfum yang dipakai saat Jumatan, namun lebih utama memakai minyak misik.

6. Berjalan menuju tempat sholat Jumat dengan tenang

Yang dimaksud tenang di sini adalah pelan-pelan dalam berjalan dan bergerak serta menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat.

7. Membaca Alquran atau berdzikir

Anjuran ini dilakukan saat perjalanan menuju tempat Jumat dan saat berada di tempat pelaksanaan Jumat. Ayat Alquran yang utama dibaca adalah surat al-Kahfi. Adapun berdzikir, yang lebih utama adalah membaca shalawat Nabi.

8. Diam saat khutbah berlangsung

Saat khutbah Jumat berlangsung, hendaknya mendengarkan dengan seksama. Bagi jamaah Jumat yang mendengarkan khutbah, disunnahkan baginya tidak berkata apa pun termasuk dzikir.

artikel ini telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *