ABDUL HAKIM KUNJUNGI DINKES LAMPUNG BAHAS UNIVERSAL HEALTH COVERAGE

lampungviral.id,Bandar Lampung – Wakil Ketua DPD RI Komite III Daerah Pemilihan Lampung Abdul Hakim telah berkunjung dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung beberapa hari lalu.
Dalam kunjungan kerja ini, hakim diterima langsung oleh Plt Direktur Dinkes Lampung Edwin dan Sekretaris Dinkes Lampung Effendi.
Abdul Hakim menanyakan beberapa skema kesehatan yang sedang dilaksanakan, termasuk Universal Health Coverage (UHC).
UHC sendiri merupakan sistem jaminan kesehatan yang menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dengan biaya terjangkau.

UHC mengandung dua elemen inti yakni, akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan.

Dalam rangka mewujudkan UHC, Pemerintah Indonesia telah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN/KIS) sejak 1 Januari 2014.

Program ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Program JKN/KIS bertujuan untuk memberikan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan memberikan perlindungan finansial.

Pencapaian Universal Health Coverage yang ditargetkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN 2020–2024), yaitu sedikitnya 98% dari total populasi menjadi anggota JKN.

Capaian UHC tidak hanya menyangkut jumlah peserta JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat), tetapi harus berorientasi pada tiga hal berikut:

Proporsi populasi yang dapat mengakses pelayanan kesehatan esensial yang berkualitas

Proporsi penduduk yang menghabiskan pendapatan rumah tangga untuk pelayanan kesehatan,

Keadilan terhadap akses pelayanan dan akses pendanaan

Dengan seluruh lapisan masyarakat mengikuti Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat adalah bentuk pengoptimalisasian UHC. Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai penyelenggara JKN memiliki dua golongan, yaitu golongan mampu dan tidak mampu.

Golongan mampu akan membayar premi sesuai dengan yang ditetapkan setiap bulannya. Sedangkan bagi golongan yang tidak mampu preminya akan dibayarkan oleh negara.

artikel ini telah terbit di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *